SELAMAT DATANG DI WEBBLOG JARINGAN PENDIDIKAN DASAR SD/MI DAN SMP/MTS KABUPATEN KUNINGAN JAWA BARAT INDONESIA

Pages

Rabu, 08 Februari 2012

LATAR BELAKANG PUSAT JARINGAN PENDIDIKAN DASAR KUNINGAN

JEJARING     PENDIDIKAN     NASIONAL

MODEL

SISTEM    INFORMASI     PENDIDIKAN


JARINGAN   PENDIDIKAN   DASAR SD/MI/SMP/MTS KABUPATEN KUNINGAN


JAWA BARAT  INDONESIA 



Ditujukan Untuk Menghubungkan Seluruh Sekolah di Indonesia  Dalam    Suatu    Jaringan   Informasi    Pendidikan     Nasional
Di Masa  Depan Seluruh Sekolah    di Indonesia    Terkoneksi      Dengan    Internet   
Terciptanya Pemenuhan  Kebutuhan Informasi Pendidikan Untuk Seluruh Guru dan Siswa  Adanya Sistem Pendidikan yang Teringritas  Yang Meniadakan  Perbedaan Sekolah Yang Berada di Pusat  dan Daerah   
Fasilitas Pendidikan Dan Akses Menuju Sekolah Terlihat Jelas
Pemerintah Dapat Melihat  Potret Buram Penididikan Indonesia  dan Pemerintah dapat dengan Segera  Membangunan Kelas Baru dan jalan Menuju Sekolah
Memberikan  Kesempatan  Kepada  Guru Untuk Meningkatkan Kompentensi Mengajar   Menulis Bahan Ajar  Dalam Webblog Jaringan  Pendidikan Dasar 
Siswa  Mendapatkan  Tambahan  Jam  Belajar  Dengan Mengulas Pelajaran yang
Telah Diberikan  Guru Di kelas  Melalui  Jaringan  Pendidikan Dasar 




PENGANTAR
Dengan Mengucap syukur Kepada Allah SWT , buku yang ada  pada tangan  anda  telah kami sunting.
Buku yang kami beri judul   “ JARINGAN PENDIDIKAN  DASAR SD MI DAN SMP MTS KABUPATEN KUNINGAN” adalah  merupakan  buku yang bersikan  sedikit informasi  tentang  pemanfaatan Teknologi Informasi  untuk kebutuhan Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia sehingga  disajikan pula sedikit  cara untuk  membuka  dan mengedit serta mengeksplorasi hasil  karya teknologi  tersebut, tentunya  untuk  yang belum mengenal  atau  baru meraba – raba dunia teknologi informasi weblog.
Buku ini kami susun  untuk  menjawab  Pemenuhan  Kebutuhan Informasi Pendidikan di Indonesia, mudah – mudah buku ini berguna bagi  mereka  yang bergelut  dalam dunia pendidikan  atau yang erat kaitannya   dalam  proses mencerdaskan bangsa ini, dalam buku ini tergambar jelas manfaat dari Teknologi informasi untuk Pendidikan  yakni  Indonesia  yang  luas  dan terpisah dengan Pulau – pulau dan lautan  dapat mudah   disatukan dalam  suatu jaringan  Internet  sehingga bisa   Informasi pendidikan  dpat dengan  mudah disampaikan   untuk keperluan   membangun Pendidikan di Indonesia  selain itu buku ini  sangat  berguna  untuk  sekuruh  siswa  SD,Mi dan SPM  serta Mts  dan lain - lain
Buku ini  tentu  tidak terlepas  dari segala  macam keterbatasan / kekurangan oleh sebab itu  kami  dari tim  penyusun  angat mengharpkan kritik dan saran  untuk perbaikan buku ibi pada  penulisan  selanjutnya.


Kuningan  2 Pebruari  2012
Wassalam,


Penyusun





SISTEM INFORMASI PENDIDIKAN
Jaringan Pendidikan Dasar SD MI dan SMP MTS Kabupaten Kuningan

LATAR BELAKANG
Era Globalisasi Menuntut Rakyat  Indonesia meningkatkan mutu pendidikan agar bisa mensejajarkan diri  dengan rakyat  di Negara  lain  yang lebih maju, Kemungkinan  terjadi pertarungan  Tinju antara kelas berat dengan Petinju  kelas ringan sangat memungkinkan terjadi, dan jika  hal itu  terjadi  tetap kelas  ringan  yang akan  kalah.
Pendidikan bisa disamakan  dengan kemampuan,hal ini  bisa kita buktikan  bahwa  siswa  SD jika dibandingkan dengan  siswa SMP kemampuannya tidak akan melebihi  siswa SMP, begitu pula jika  dibandingkan dengan siswa SMA atau Mahasiswa. Fase-fase pendidikan menjelaskan bahwa sebenarnya  yang diperlukan atau  diharapkan dari pendidikan itu adalah kemampuan yang sesuai  dengan tingkat  pendidikan itu sendiri, yakni  mampu berpikir sesuai  dengan tingkat pendidikannya, bukan nilai  ujian yang  bagus  dengan cara mencontek,artinya kemampuan sebagai hasi dari pendidikan seharusnya  berbanding lurus dengan nilai diri siswa  itu sendiri.
Mencerdaskan  bangsa  adalah  salah satu fungsi dibentuknya  suatu pemerintahan tetapi tidak menutup kemungkinan  setiap warga Negara ikut  berpartisifasi menyumbangkan  pemikirin demi terciptanya  peningkatan mutu pendidikan anak – anak rakyat Indonesia. Pada kesempatan ini Izinkan Kami Pelangi Indonesia  menyumbangkan program Sistim Informasi  Pendidikan  dalam sebuah  Jaringan Pendidikan dasar SD MI dan SMP MTs Kabupaten Kuningan, yaitu  merupakan pemanfaatan Teknologi Informasi  dalam  pengembangan Web  yang belakngan ini  sangat begitu pesat perkembangannya.
Sistim Informasi  berbasis Internet memungkinkan setiap sekolah  memiliki situs   dalam bentuk Web Site atau Blog sendiri, dimana  hal itu   merupakan sekolah kedua yang  berada  di dunia maya  atau  atau dunia teknologi informasi. Sekolah kedua tidak berbeda  dengan  dengan  sekolah nyata  yakni bisa digunakan untuk  memdidik  siswa – siswi  diluar jam sekolah yakni  melalui media internet,selain itu  berguna  pula  untuk  melakukan  hubungan  dengan sekolah lain dan hal – hal yang terkait dengan dunia pendidikan.
Anak – anak dari kota sampai desa  telah mengenal  dunia internet  bahkan keranjingan  bermain Game online  yang bayak disediakan  oleh situs – situs  entertainment, alangkah  baiknya jika  guru  dapat  mengarahkan  keranjingan  internet  anak – anak ini  pada   Belajar Online, sehingga  dapat menambah  jam belajar.Diharapkan dengan  bertambahnya  jam belajar  anak – anak  dapat lebih  meningkatkan  pengetahuan, sebab  lebih bermanfaat belajar dari pada  bermain game.
TUJUAN
Sistim Informasi Pendidikan “ Jaringan Pendidikan Dasar SD MI dan SMP MTs Kabupaten Kuningan  merupakan karya  nyata  dari  sebuah pemanfaatan Teknologi Informasi sehingga  diharapkan dapat memenuhi pemenuhan kebuthan informasi Pendidikan  untuk  anak – anak  rakyat Indonesia khusunya  Anak – anak Kuningan  dalam meningkatkan pendidikan yang perlu bagi dirinya,selain itu  berguna pula  bagi para guru  untuk  mengkatkatkan  kompetensi  menjadi tim pengajar yang handal, guru  dituntut menjadi sang pemanah  yang ulung yang dapat menancapkan  anak panah  tepat sasaran, dimana  dalam hal ini  anak- anak kehidupan  bisa  dididik   dengan tepat  sasaran atau tujuan  sebagaimana yang telah ditetapkan pemerintah.    
Anak – anak   dapat  ditingkatkan pengetahuan atau pendidikannya   jika  guru  dapat menjabarkan kurikulum  menjadi bahan ajar yang dapat diterima  oleh anak didik, artinya ada singkronisasi dalam kegiatan Belajar Mengajar sehingga out putnya  adalah penigkatan kemampuan anak didik.
Jaringan Pendidikan Dasar SD MI dan SMP MTs Kabupaten Kuningan  sangat  mendorong  terjalinnya  hubungan  tiap sekolah maupun institusi terkait  pendidikan sehingga  melahirkan sinergitas  dari  sistim pendidikan, terlebih KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ) adalah sebuah kurikulum operasional pendidikan yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan di Indonesia, yang arahnya  pada otonomi sekolah.

RUANG LINGKUP MATERI
Teknologi informasi
Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).[1]
Pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasikomputasi dan telekomunikasi[2] Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalamHarvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa "teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). ".[3] Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bioinformatika''Cloud Computing'', sistem informasi global, Skala besar basis pengetahuan dan lain-lain.
[sunting]Sejarah
Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas.
Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.
Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.
Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radiotelevisikomputermengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.
Informasi dan Teknologi komunikasi 2005
TI adalah bidang pengelolaan teknologi dan mencakup berbagai bidang yang termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputersistem informasiperangkat keras komputerbahasa program , dan data konstruksi. Singkatnya, apa yang membuat data, informasi atau pengetahuan yang dirasakan dalam format visual apapun, melalui setiap mekanisme distribusi multimedia, dianggap bagian dari TI. TI menyediakan bisnis dengan empat set layanan inti untuk membantu menjalankan strategi bisnis: proses bisnis otomatisasi, memberikan informasi, menghubungkan dengan pelanggan, dan alat-alat produktivitas.
TI melakukan berbagai fungsi (TI Disiplin/Kompetensi) dari meng-instal Aplikasi untuk merancang jaringan komputer dan Database informasi. Beberapa tugas yang TI lakukan mungkin termasuk manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database dan desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan. Teknologi informasi mulai menyebar lebih jauh dari konvensional komputer pribadi dan teknologi jaringan, dan lebih ke dalam integrasi teknologi lain seperti penggunaan ponsel, televisi, mobil, dan banyak lagi, yang meningkatkan permintaan untuk pekerjaan .
Di masa lalu, para (Dewan Akreditasi untuk Engineering dan Teknologi) dan Asosiasi untuk mesin komputasi telah bekerjasama untuk membentuk akreditasi dan standar kurikulum [4] untuk program degrees di Teknologi Informasi sebagai bidang studi dibandingkan [5] denganIlmu Komputer and Sistem Informasi. SIGITE (Special Interest Group for IT Education)[6] adalah kelompok kerja ACM untuk mendefinisikan standar ini. Pendapatan layanan TI di seluruh dunia sebesar $ 763.000.000.000 di tahun 2009.[7]
Pertumbuhan dan kapasitas teknologi
Hilbert dan Lopez[8] mengidentifikasi kecepatan eksponensial perubahan teknologi (semacam hukum Moore): mesin 'aplikasi-spesifik untuk menghitung kapasitas informasi per-kapita memiliki sekitar dua kali lipat setiap 14 bulan antara 1986-2007; kapasitas per-kapita di dunia komputer tujuan umum telah dua kali lipat setiap 18 bulan selama dua dekade yang sama, kapasitas telekomunikasi global per-kapita dua kali lipat setiap 34 bulan; kapasitas penyimpanan dunia per kapita yang dibutuhkan sekitar 40 bulan untuk menggandakan (setiap 3 tahun); dan informasi siaran per kapita telah dua kali lipat sekitar setiap 12,3 tahun.[8]

PENGERTIAN BLOG
Blog
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Blog merupakan singkatan dari web log[1] adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia.
Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.
Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika Blog memuat tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain.

SEJARAH BLOG
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman "What’s New" pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.
Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya "Justin’s Home Page" yang kemudian berubah menjadi "Links from the Underground" yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.
Namun saat ini, kita tidak perlu menjadi seorang programmer untuk menjadi seorang Blogger, karena kita dapat menampilkan seluruh isi dalam web dengan mudah melalui menu editor yang telah disediakan.
Keuntungan dari penggunaan Weblog antara lain:
1.       Melalui weblog,kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar.
2.       Weblog melebihi surat elektronik (Email), karena satu posting blog yang anda bahas, dapat dibaca oleh pengunjung blog yang tak terbatas. Beda dengan email yang hanya bisa dibaca oleh orang yang kita kirimkan. Selain itu, pengunjung blog juga dengan cepat dapat memberikan respon terhadap posting blog melalui komentar yang dapat langsung dituliskan di blog tersebut.
Seiring perkembangan weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog juga akan berkembang seiring dengan ide - ide dan kemauan para Blogger.

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Compada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.
Jenis-jenis blog
§  Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
§  Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
§  Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
§  Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
§  Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
§  Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
§  Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
§  Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
§  Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
§  Blog agama: Membahas tentang agama
§  Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
§  Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
§  Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
§  Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
§  Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
§  Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
Budaya populer
Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet[rujukan?], dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasiinternet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar[rujukan?].
Risiko kejahatan Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap.

Pengertian Blog Dengan Fitur-Fitur yang Tersedia

Pengertian Blog telah memberikan anda pemahaman tentang sudut pandang blog, Karena blog orang bisa berdiskusi tentang artikel yang ditulis melalui fitur yang disediakan di blog yaitu komentar yang dapat menjadi sebuah media interaksi kepada penulis blog.
Fitur-fitur lainnya dari blog yaitu buku tamu untuk memperkenalkan pengunjung, Arsip merupakan daftar link yang mengarah ke artikel-artikel yang tersimpan didalam blog sehingga memudahkan pembaca untuk dapat mengetahui artikel apa saja yang telah di tulis, Fitur Search adalah alat untuk mencari artikel yang terdapat didalam blog itu dan dapat ditemukan dengan mudah dan  cepat sehingga  pembaca tidak perlu merasa kesulitan untuk mencari sebuah artikel.
 Blog merupakan media informasi yang sangat membantu pengguna yang membutuhkan informasi, maka dari itu blog memiliki kasta tertinggi dalam tingkatan sosial media karena tugas seorang blogger adalah memberikan informasi yang dapat membantu para pembaca untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, sehingga Pembaca dapat belama-lama berada diblog kita karena menikmati informasi yang berguna. Cukup sekian artikel ini saya tulis, Saya harap dengan anda membaca artikel ini dapat membuka pikiran anda dalam memahami pengertian blog dan mngenenal sejarah blog.
Pengertian blog atau website merupakan hal mendasar bagi kita(user pengguna internet) namun apa sih yang membuat mereka berbeda dan mengapa terkadang orang menyebut mereka itu sama? Berikut ini merupakan sebuah ulasan khusus yang membahas pengertian blog atau website itu sendiri, dengan memunculkan berbagai definisi blog dan definisi website itu sendiri, sehingga dapat meluruskan pandangan pemirsa dirumah  Berikut refortasenya.

Pengertian sebuah blog

Blog merupakan singkatan dari web log yang artinya adalah suatu bentuk aplikasi/layananweb yang dibuat untuk memudahkan user dalam mempublikasikan informasi yang dimilikinya melalui tulisan-tulisan yang dimuat dalam sebuah postingan (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Blog). Blog sendiri mempunyai fungsi yang sangat beragam seperti menjadi sebuah catatan harian, menjadi media publikasi, sampai dengan menjadi sebuah webportal bagi perusahaan(Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Blog).

Pengertian sebuah website

Website sendiri merupakan sebuah kumpulan halaman-halaman situs yang tersimpan dalam sebuah server/hosting, dan teridentifikasi melalui sebuah nama yang disebut juga sebagai domain atau sub domain(Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web).
Nah,,, apa yang membedakan antara keduanya? yang membedakan antara keduanya adalahtahap pembuatan dan tujuan dibuatnya, jika sebuah website/blog dibuat menggunakan layanan pembuat website yang ditujukan untuk personal dengan menggunakan engine sepertiwordpress, blogspot, joomla ataupun sejenisnya(tidak di develop sendiri) maka itu bisa kita katakan sebagai sebuah blog, mengapa? Karena layanan itu dibuat untuk pengguna awam yang tidak dapat membuat sebuah website dengan tangan sendiri dan sebaliknya.
Fakta hari ini.
Kebanyakan orang bahkan perusahaan sekalipun cenderung menggunakan engine blog tersebut untuk membuat website perusahaannya dengan alasan = low cost(murah dan mudah) dan dengan mudahnya dianggaplah blog tersebut menjadi sebuah website bagi diri dan perusahaannya. Etis kah,,,?
Mengapa hari ini kedua hal tersebut disamakan?

Weblog
 atau website sendiri terdiri dari halaman-halaman yang tersusun dalam format HTML (Hyper Text Markup Language) dan di akses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser.
Dari kesimpulan diatas Anda bisa melihat seberapa cenderungkah sebuah blog bisa dinyatakan sebagai blog atau sebuah website bisa dinyatakan sebagai website

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Saat ini komputer bukan lagi merupakan barang mewah, alat ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan seperti halnya pada bidang pendidikan. Pada awalnya komputer dimanfaatkan di sekolah sebagai\penunjangkelancaranpekerjaanbidangadministrasi   dengan  memanfaatkan  software Microsoft   word,   excel   dan     access. Dengan masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran. Kutipan dari Kurikulum untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Visi mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu agar siswa dapat dan terbiasa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan belajar, bekerja, dan aktifitas lainnya sehingga siswa mampu berkreasi, mengembangkan sikap imaginatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi
mandiri, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan baru di lingkungannya ·Melalui mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diharapkan siswa dapat terlibat pada perubahan pesat dalam kehidupan yang mengalami penambahan dan perubahan dalam penggunaan beragam produk teknologi informasi dan komunikasi.
Siswa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. Dengan menggunakan Teknologi Informasidan Komunikasi,siswa akan dengan cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan. Penambahan kemampuan siswa karena penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga siswa
dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media .Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah:
1. Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga siswa dapat termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
2. Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga siswa bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan seharihari secara mandiri dan lebih percaya diri.
3. Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan seharihari.
4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
5. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggungjawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah seharihari.
Dengan melihat isi dari kurikulum tersebut, kita harus mengintegrasikan TIK dalam proses belajar mengajar bukan hanya untuk mata pelajaran teknologi dan informasi saja. Jaringan Pendidikan Dasar SD MI dan SMP MTS kabupaten Kuningan  merupakan penjelmaan  nyata dari Kurikulum, yakni  suatu bentuk  real pemanfaatan TIK dalam mendukung pendidikan yang  lain  dimana  hal itu  merupakan impian Kementrian Pendidikan  sebagaimana   Jardiknas (Jejaring Pendidikan Nasional), yakni bertujuan

untuk mengintegrasikan harapan di atas yaitu  agar terbentuk sebuah jaringan yang menghubungkan semua sekolah di Indonesia. Sehingga diperkirakan di masa depan semua sekolah di Indonesia akan terkoneksi dengan internet. Melihat program yang diadakan oleh Depdiknas kita bisa memanfaatkan fasilitas tersebut karena bersifat terbuka.Kita belum terlambat untuk mempersiapkan diri dalam penguasaan TIK sebagai media pembelajaran.
KESIMPULAN
Melihat kondisi TIK pada saat ini dan perkembangannya di masa datang, kita harus mempersiapkan diri dan melakukan perencanaan yang matang dalam mengimplementasikan TIK di sekolah. Jika kita tidak memulainya sekarang maka sekolah sebagai salah satu institusi pendidikan akan tertinggal.. Mengamati Program Pengembagan TIK yang dilakukan Depdiknas Untuk mengejar ketertinggalan pemanfaatan TIK di sekolah dari negara lain, saat ini Depdiknas mempunyai program pengembangan TIK secara besar besaran.
Ada tiga posisi penting di Depdiknas dalam program pengembangan TIK, yaitu:
1.Bidang kejuruan, TIK menjadi salah satu jurusan di SMK. Pengembangan TIK secara teknis baik hardware dan software masuk dalam kurikum pendidikan. Dibentuknya ICT center di seluruh Indonesia. Untuk menghubungkan sekolahsekolah di sekitar ICT center dibangun WAN (Wireless Area Network) Kota.
2. Pustekkom, sebagai salah satu ujung tombak dalam pengembangan TV pendidikan interaktif, Elearning dan ESMA. Program ini bertujuan untuk mempersempit jurang perbedaan kualitas pendidikan antara kota besar dengan daerah.
3. Jardiknas (Jejaring Pendidikan Nasional), bertujuan untuk mengintegrasikan kedua program di atas agar terbentuk sebuah jaringan yang menghubungkan semua sekolah di Indonesia. Sehingga diperkirakan di masa depan semua sekolah di Indonesia akan terkoneksi dengan internet.










PANDUAN INPUT DATA WEBLOG
Webblog  Jaringan Pendidikan Dasar SD MI dan SMP MTS  sebagamana tujuannya  adalah untuk  menyatukan  seluruh sekolah  dalam suatu Koneksi Internet  dimaksudkan  agar pendidikan di Kuningan  terintegritas  dan  tidak  membedakan  dimanapun sekolah itu  berada  baik di desa  atau dikota   tidak ada  perbedaaan  yang tajam selain hanya posisi geografis,Tujuan  kedua  yang  lebih  bermanfaat  untuk pendidikan  adalah  menyiapkan kebutuhan pemenuhan informasi  pendidikan  untuk anak – anak  didik  dan  mampu memberikan layanan  pendidikan  setelah pulang sekolah, dimana  anak  dapat menambah  jam belajar nya  setiap hari, maka  diperlukan   kiranya   input  data   yang sesuai dengan  kurikulum yang berlaku yakni KTSP .
Input Data  dalam Web Blog  dapat dilakukan oleh setiap guru  dengan  mudah   dengan  menggunakan panduan ini :
Mulai Input :
Langkah 1 : Klik LOGO BLOG / tulisin “Blogger”
Maka akan Muncul layar :  


 










Langkah 2 : Masukan Email dan Kata Sandi klik Tombol : Masuk





Selanjutnya Akan Muncul Layar :
 
    Dengan klik tombol entri baru  anda akan  dapat langsung menulis artikel baru dalam posting baru  dan jika klik tombol edit entri anda dapat menambah atau memperbaiki posting lama, langkah selanjutnya setelah mennuli atau menambah  klik tombol “ Terbitkan Entri”
    Langkah  selajutnya tutup Kembali Web Blog  dengan  klik tombol keluar yang terletak dalam Accout sekolah  di bagian Kanan Sudut Atas.
    Perhatian : Setelah menulis  atau edit blog tutup kembali  supaya  orang  lain tidak  menggunakan blog  anda yang mendatangkan  kerugian, baca Undang – undang Nomor   tahun      Tentang Teknolgi Informasi.
    

0 komentar:

DASAR PEMIKIRAN JARINGAN PENDIDIKAN DASAR SD/MI/SMP/MTS KABUPATEN KUNINGAN

Seluruh Sekolah Di Indonesia Terkoneksi Dengan Internet Khususnya di Kabupaten Kuningan Jawa Barat Seluruh Sekolah Terhubung Satu Sama Lain dalam Jaringan Internet dengan Nama Jaringan Pendidikan Dasar SD/MI/SMP/MTS Kabupaten Kuningan. Terciptanya Jalinan Komunikasi Antar Sekolah dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pendidikan Yang Bisa Meniadakan Perbedaan Sekolah Desa dengan Sekolah Kota,Siswa di Jenjang Pendidikan Dasar Dapat Mempertajam Pelajaran yang telah diberikan dikelas melalui Web Sekolah yang Telah di Isi Dengan Bahan Ajar Oleh Guru, dengan demikian betambahnya jam belajar siswa setiap hari sehingga memungkingkan terciptanya Peningkatan Mutu Pendidikan Anak - anak Rakyat Kuningan.Pemerintah dapat Membuat skala prioritas pembangunan Fasilitas Pendidikan pada Sekolah yang benar - benar rusak atau harus dibangun dengan cara Mudah yakni melalui ruang Publikasi fasilitas Pendidikan dalam Web Sekolah

PETA LOKASI JARINGAN PENDIDIKAN MENCAKUP SELURUH WILAYAH DI KABUPATEN KUNINGAN

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites