JEJARING PENDIDIKAN NASIONAL
MODEL
SISTEM INFORMASI PENDIDIKAN
JARINGAN PENDIDIKAN DASAR SD/MI/SMP/MTS KABUPATEN KUNINGAN
JAWA BARAT INDONESIA
Ditujukan Untuk Menghubungkan Seluruh Sekolah di Indonesia Dalam Suatu Jaringan Informasi Pendidikan Nasional
Di Masa Depan Seluruh Sekolah di Indonesia Terkoneksi Dengan Internet
Terciptanya Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pendidikan Untuk Seluruh Guru dan Siswa Adanya Sistem Pendidikan yang Teringritas Yang Meniadakan Perbedaan Sekolah Yang Berada di Pusat dan Daerah
Fasilitas Pendidikan Dan Akses Menuju Sekolah Terlihat Jelas
Pemerintah Dapat Melihat Potret Buram Penididikan Indonesia dan Pemerintah dapat dengan Segera Membangunan Kelas Baru dan jalan Menuju Sekolah
Memberikan Kesempatan Kepada Guru Untuk Meningkatkan Kompentensi Mengajar Menulis Bahan Ajar Dalam Webblog Jaringan Pendidikan Dasar
Siswa Mendapatkan Tambahan Jam Belajar Dengan Mengulas Pelajaran yang
Telah Diberikan Guru Di kelas Melalui Jaringan Pendidikan Dasar
PENGANTAR
Dengan Mengucap syukur Kepada Allah SWT , buku yang ada pada tangan anda telah kami sunting.
Buku yang kami beri judul “ JARINGAN PENDIDIKAN DASAR SD MI DAN SMP MTS KABUPATEN KUNINGAN” adalah merupakan buku yang bersikan sedikit informasi tentang pemanfaatan Teknologi Informasi untuk kebutuhan Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia sehingga disajikan pula sedikit cara untuk membuka dan mengedit serta mengeksplorasi hasil karya teknologi tersebut, tentunya untuk yang belum mengenal atau baru meraba – raba dunia teknologi informasi weblog.
Buku ini kami susun untuk menjawab Pemenuhan Kebutuhan Informasi Pendidikan di Indonesia, mudah – mudah buku ini berguna bagi mereka yang bergelut dalam dunia pendidikan atau yang erat kaitannya dalam proses mencerdaskan bangsa ini, dalam buku ini tergambar jelas manfaat dari Teknologi informasi untuk Pendidikan yakni Indonesia yang luas dan terpisah dengan Pulau – pulau dan lautan dapat mudah disatukan dalam suatu jaringan Internet sehingga bisa Informasi pendidikan dpat dengan mudah disampaikan untuk keperluan membangun Pendidikan di Indonesia selain itu buku ini sangat berguna untuk sekuruh siswa SD,Mi dan SPM serta Mts dan lain - lain
Buku ini tentu tidak terlepas dari segala macam keterbatasan / kekurangan oleh sebab itu kami dari tim penyusun angat mengharpkan kritik dan saran untuk perbaikan buku ibi pada penulisan selanjutnya.
Kuningan 2 Pebruari 2012
Wassalam,
Penyusun
SISTEM INFORMASI PENDIDIKAN
Jaringan Pendidikan Dasar SD MI dan SMP MTS Kabupaten Kuningan
LATAR BELAKANG
Era Globalisasi Menuntut Rakyat Indonesia meningkatkan mutu pendidikan agar bisa mensejajarkan diri dengan rakyat di Negara lain yang lebih maju, Kemungkinan terjadi pertarungan Tinju antara kelas berat dengan Petinju kelas ringan sangat memungkinkan terjadi, dan jika hal itu terjadi tetap kelas ringan yang akan kalah.
Pendidikan bisa disamakan dengan kemampuan,hal ini bisa kita buktikan bahwa siswa SD jika dibandingkan dengan siswa SMP kemampuannya tidak akan melebihi siswa SMP, begitu pula jika dibandingkan dengan siswa SMA atau Mahasiswa. Fase-fase pendidikan menjelaskan bahwa sebenarnya yang diperlukan atau diharapkan dari pendidikan itu adalah kemampuan yang sesuai dengan tingkat pendidikan itu sendiri, yakni mampu berpikir sesuai dengan tingkat pendidikannya, bukan nilai ujian yang bagus dengan cara mencontek,artinya kemampuan sebagai hasi dari pendidikan seharusnya berbanding lurus dengan nilai diri siswa itu sendiri.
Mencerdaskan bangsa adalah salah satu fungsi dibentuknya suatu pemerintahan tetapi tidak menutup kemungkinan setiap warga Negara ikut berpartisifasi menyumbangkan pemikirin demi terciptanya peningkatan mutu pendidikan anak – anak rakyat Indonesia. Pada kesempatan ini Izinkan Kami Pelangi Indonesia menyumbangkan program Sistim Informasi Pendidikan dalam sebuah Jaringan Pendidikan dasar SD MI dan SMP MTs Kabupaten Kuningan, yaitu merupakan pemanfaatan Teknologi Informasi dalam pengembangan Web yang belakngan ini sangat begitu pesat perkembangannya.
Sistim Informasi berbasis Internet memungkinkan setiap sekolah memiliki situs dalam bentuk Web Site atau Blog sendiri, dimana hal itu merupakan sekolah kedua yang berada di dunia maya atau atau dunia teknologi informasi. Sekolah kedua tidak berbeda dengan dengan sekolah nyata yakni bisa digunakan untuk memdidik siswa – siswi diluar jam sekolah yakni melalui media internet,selain itu berguna pula untuk melakukan hubungan dengan sekolah lain dan hal – hal yang terkait dengan dunia pendidikan.
Anak – anak dari kota sampai desa telah mengenal dunia internet bahkan keranjingan bermain Game online yang bayak disediakan oleh situs – situs entertainment, alangkah baiknya jika guru dapat mengarahkan keranjingan internet anak – anak ini pada Belajar Online, sehingga dapat menambah jam belajar.Diharapkan dengan bertambahnya jam belajar anak – anak dapat lebih meningkatkan pengetahuan, sebab lebih bermanfaat belajar dari pada bermain game.
TUJUAN
Sistim Informasi Pendidikan “ Jaringan Pendidikan Dasar SD MI dan SMP MTs Kabupaten Kuningan merupakan karya nyata dari sebuah pemanfaatan Teknologi Informasi sehingga diharapkan dapat memenuhi pemenuhan kebuthan informasi Pendidikan untuk anak – anak rakyat Indonesia khusunya Anak – anak Kuningan dalam meningkatkan pendidikan yang perlu bagi dirinya,selain itu berguna pula bagi para guru untuk mengkatkatkan kompetensi menjadi tim pengajar yang handal, guru dituntut menjadi sang pemanah yang ulung yang dapat menancapkan anak panah tepat sasaran, dimana dalam hal ini anak- anak kehidupan bisa dididik dengan tepat sasaran atau tujuan sebagaimana yang telah ditetapkan pemerintah.
Sistim Informasi Pendidikan “ Jaringan Pendidikan Dasar SD MI dan SMP MTs Kabupaten Kuningan merupakan karya nyata dari sebuah pemanfaatan Teknologi Informasi sehingga diharapkan dapat memenuhi pemenuhan kebuthan informasi Pendidikan untuk anak – anak rakyat Indonesia khusunya Anak – anak Kuningan dalam meningkatkan pendidikan yang perlu bagi dirinya,selain itu berguna pula bagi para guru untuk mengkatkatkan kompetensi menjadi tim pengajar yang handal, guru dituntut menjadi sang pemanah yang ulung yang dapat menancapkan anak panah tepat sasaran, dimana dalam hal ini anak- anak kehidupan bisa dididik dengan tepat sasaran atau tujuan sebagaimana yang telah ditetapkan pemerintah.
Anak – anak dapat ditingkatkan pengetahuan atau pendidikannya jika guru dapat menjabarkan kurikulum menjadi bahan ajar yang dapat diterima oleh anak didik, artinya ada singkronisasi dalam kegiatan Belajar Mengajar sehingga out putnya adalah penigkatan kemampuan anak didik.
Jaringan Pendidikan Dasar SD MI dan SMP MTs Kabupaten Kuningan sangat mendorong terjalinnya hubungan tiap sekolah maupun institusi terkait pendidikan sehingga melahirkan sinergitas dari sistim pendidikan, terlebih KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan ) adalah sebuah kurikulum operasional pendidikan yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan di Indonesia, yang arahnya pada otonomi sekolah.
RUANG LINGKUP MATERI
Teknologi informasi
Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).[1]
Pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasikomputasi dan telekomunikasi. [2] Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalamHarvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa "teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). ".[3] Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bioinformatika, ''Cloud Computing'', sistem informasi global, Skala besar basis pengetahuan dan lain-lain.
[sunting]Sejarah
Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas.
Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.
Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.
Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputermengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.
Informasi dan Teknologi komunikasi 2005
TI adalah bidang pengelolaan teknologi dan mencakup berbagai bidang yang termasuk tetapi tidak terbatas pada hal-hal seperti proses, perangkat lunak komputer, sistem informasi, perangkat keras komputer, bahasa program , dan data konstruksi. Singkatnya, apa yang membuat data, informasi atau pengetahuan yang dirasakan dalam format visual apapun, melalui setiap mekanisme distribusi multimedia, dianggap bagian dari TI. TI menyediakan bisnis dengan empat set layanan inti untuk membantu menjalankan strategi bisnis: proses bisnis otomatisasi, memberikan informasi, menghubungkan dengan pelanggan, dan alat-alat produktivitas.
TI melakukan berbagai fungsi (TI Disiplin/Kompetensi) dari meng-instal Aplikasi untuk merancang jaringan komputer dan Database informasi. Beberapa tugas yang TI lakukan mungkin termasuk manajemen data, jaringan, rekayasa perangkat keras komputer, database dan desain perangkat lunak, serta manajemen dan administrasi sistem secara keseluruhan. Teknologi informasi mulai menyebar lebih jauh dari konvensional komputer pribadi dan teknologi jaringan, dan lebih ke dalam integrasi teknologi lain seperti penggunaan ponsel, televisi, mobil, dan banyak lagi, yang meningkatkan permintaan untuk pekerjaan .
Di masa lalu, para (Dewan Akreditasi untuk Engineering dan Teknologi) dan Asosiasi untuk mesin komputasi telah bekerjasama untuk membentuk akreditasi dan standar kurikulum [4] untuk program degrees di Teknologi Informasi sebagai bidang studi dibandingkan [5] denganIlmu Komputer and Sistem Informasi. SIGITE (Special Interest Group for IT Education)[6] adalah kelompok kerja ACM untuk mendefinisikan standar ini. Pendapatan layanan TI di seluruh dunia sebesar $ 763.000.000.000 di tahun 2009.[7]
Pertumbuhan dan kapasitas teknologi
Hilbert dan Lopez[8] mengidentifikasi kecepatan eksponensial perubahan teknologi (semacam hukum Moore): mesin 'aplikasi-spesifik untuk menghitung kapasitas informasi per-kapita memiliki sekitar dua kali lipat setiap 14 bulan antara 1986-2007; kapasitas per-kapita di dunia komputer tujuan umum telah dua kali lipat setiap 18 bulan selama dua dekade yang sama, kapasitas telekomunikasi global per-kapita dua kali lipat setiap 34 bulan; kapasitas penyimpanan dunia per kapita yang dibutuhkan sekitar 40 bulan untuk menggandakan (setiap 3 tahun); dan informasi siaran per kapita telah dua kali lipat sekitar setiap 12,3 tahun.[8]
PENGERTIAN BLOG
Blog
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Blog merupakan singkatan dari web log[1] adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.
Weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan istilah Weblog untuk menyebut kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara kontinyu dan berisi link-link ke website lain yang mereka anggap menarik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.
Secara garis besar, Weblog dapat dirangkum sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah, seperti karya tulis, kumpulan link internet, dokumen-dokumen(file-file WOrd,PDF,dll), gambar ataupun multimedia.
Para pembuat blog dinamakan Blogger. Melalui Blognya, kepribadian Blogger menjadi mudah dikenali berdasarkan topik apa yang disukai, apa tanggapan terhadap link-link yang di pilih dan isu-isu didalamnya. Oleh karena itu Blog bersifat sangat personal.
Perkembangan lain dari Blog yaitu ketika Blog memuat tulisan tentang apa yang seorang Blogger pikirkan, rasakan, hingga apa yang dia lakukan sehari-hari. Blog kemudian juga menjadi Diary Online yang berada di Internet. Satu-satunya hal yang membedakan Blog dari Diary atau Jurnal yang biasa kita miliki adalah bahwa Blog dibuat untuk dibaca orang lain.
SEJARAH BLOG
Blog pertama kemungkinan besar adalah halaman "What’s New" pada browser Mosaic yang dibuat oleh Marc Andersen pada tahun 1993. Kalau kita masih ingat, Mosaic adalah browser pertama sebelum adanya Internet Explorer bahkan sebelum Nestcape.
Kemudian pada Januari 1994 Justin Hall memulai website pribadinya "Justin’s Home Page" yang kemudian berubah menjadi "Links from the Underground" yang mungkin dapat disebut sebagai Blog pertama seperti yang kita kenal sekarang.
Hingga pada tahun 1998, jumlah Blog yang ada masih sangat sedikit. Hal ini disebabkan karena saat itu diperlukan keahlian dan pengetahuan khusus tentang pembuatan website, HTML, dan web hosting untuk membuat Blog, sehingga hanya mereka yang berkecimpung di bidang Internet, System Administrator atau Web Designer yang kemudian pada waktu luangnya menciptakan Blog-Blog mereka sendiri.
Namun saat ini, kita tidak perlu menjadi seorang programmer untuk menjadi seorang Blogger, karena kita dapat menampilkan seluruh isi dalam web dengan mudah melalui menu editor yang telah disediakan.
Keuntungan dari penggunaan Weblog antara lain:
1. Melalui weblog,kita dapat memperluas hubungan teman/ kenalan hingga dapat membentuk suatu komunitas yang besar.
2. Weblog melebihi surat elektronik (Email), karena satu posting blog yang anda bahas, dapat dibaca oleh pengunjung blog yang tak terbatas. Beda dengan email yang hanya bisa dibaca oleh orang yang kita kirimkan. Selain itu, pengunjung blog juga dengan cepat dapat memberikan respon terhadap posting blog melalui komentar yang dapat langsung dituliskan di blog tersebut.
Seiring perkembangan weblog dari waktu ke waktu, pengertian weblog juga akan berkembang seiring dengan ide - ide dan kemauan para Blogger.
Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh PyraLab sebelum akhirnya PyraLab diakuisi oleh Google.Compada akhir tahun 2002 yang lalu. Semenjak itu, banyak terdapat aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.
Blog mempunyai fungsi yang sangat beragam,dari sebuah catatan harian, media publikasi dalam sebuah kampanye politik, sampai dengan program-program media dan perusahaan-perusahaan. Sebagian blog dipelihara oleh seorang penulis tunggal, sementara sebagian lainnya oleh beberapa penulis, . Banyak juga weblog yang memiliki fasilitas interaksi dengan para pengunjungnya, seperti menggunakan buku tamu dan kolom komentar yang dapat memperkenankan para pengunjungnya untuk meninggalkan komentar atas isi dari tulisan yang dipublikasikan, namun demikian ada juga yang yang sebaliknya atau yang bersifat non-interaktif.
Situs-situs web yang saling berkaitan berkat weblog, atau secara total merupakan kumpulan weblog sering disebut sebagai blogosphere. Bilamana sebuah kumpulan gelombang aktivitas, informasi dan opini yang sangat besar berulang kali muncul untuk beberapa subyek atau sangat kontroversial terjadi dalam blogosphere, maka hal itu sering disebut sebagai blogstorm atau badai blog.
Jenis-jenis blog
§ Blog politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye).
§ Blog pribadi: Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat, dan perbincangan teman.
§ Blog bertopik: Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
§ Blog kesehatan: Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan, dll.
§ Blog sastra: Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
§ Blog perjalanan: Fokus pada bahasan cerita perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling.
§ Blog riset: Persoalan tentang akademis seperti berita riset terbaru.
§ Blog hukum: Persoalan tentang hukum atau urusan hukum; disebut juga dengan blawgs (Blog Laws).
§ Blog media: Berfokus pada bahasan kebohongan atau ketidakkonsistensi media massa; biasanya hanya untuk koran atau jaringan televisi
§ Blog agama: Membahas tentang agama
§ Blog pendidikan: Biasanya ditulis oleh pelajar atau guru.
§ Blog kebersamaan: Topik lebih spesifik ditulis oleh kelompok tertentu.
§ Blog petunjuk (directory): Berisi ratusan link halaman website.
§ Blog bisnis: Digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka
§ Blog pengejawantahan: Fokus tentang objek diluar manusia; seperti anjing
§ Blog pengganggu (spam): Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
Budaya populer
Ngeblog (istilah bahasa Indonesia untuk blogging) harus dilakukan hampir setiap waktu untuk mengetahui eksistensi dari pemilik blog. Juga untuk mengetahui sejauh mana blog dirawat (mengganti template) atau menambah artikel. Sekarang ada lebih 10 juta blog yang bisa ditemukan di internet[rujukan?], dan masih bisa berkembang lagi, karena saat ini ada banyak sekali perangkat lunak, peralatan, dan aplikasiinternet lain yang mempermudah para blogger (sebutan pemilik blog) untuk merawat blognya. Selain merawat dan terus melakukan pembaharuan di blognya, para blogger yang tergolong baru pun masih sering melakukan blogwalking, yaitu aktivitas para blogger meninggalkan tautan di blog atau situs orang lain seraya memberikan komentar[rujukan?].
Risiko kejahatan Karena blog sering digunakan untuk menulis aktivitas sehari-hari yang terjadi pada penulisnya, ataupun merefleksikan pandangan-pandangan penulisnya tentang berbagai macam topik yang terjadi dan untuk berbagi informasi - blog menjadi sumber informasi bagi para hacker, pencuri identitas, mata-mata, dan lain sebagainya. Banyak berkas-berkas rahasia dan penulisan isu sensitif ditemukan dalam blog-blog. Hal ini berakibat dipecatnya seseorang dari pekerjaannya, diblokir aksesnya, didenda, dan bahkan ditangkap.
Pengertian Blog Dengan Fitur-Fitur yang Tersedia
Pengertian Blog telah memberikan anda pemahaman tentang sudut pandang blog, Karena blog orang bisa berdiskusi tentang artikel yang ditulis melalui fitur yang disediakan di blog yaitu komentar yang dapat menjadi sebuah media interaksi kepada penulis blog.
Fitur-fitur lainnya dari blog yaitu buku tamu untuk memperkenalkan pengunjung, Arsip merupakan daftar link yang mengarah ke artikel-artikel yang tersimpan didalam blog sehingga memudahkan pembaca untuk dapat mengetahui artikel apa saja yang telah di tulis, Fitur Search adalah alat untuk mencari artikel yang terdapat didalam blog itu dan dapat ditemukan dengan mudah dan cepat sehingga pembaca tidak perlu merasa kesulitan untuk mencari sebuah artikel.
Blog merupakan media informasi yang sangat membantu pengguna yang membutuhkan informasi, maka dari itu blog memiliki kasta tertinggi dalam tingkatan sosial media karena tugas seorang blogger adalah memberikan informasi yang dapat membantu para pembaca untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, sehingga Pembaca dapat belama-lama berada diblog kita karena menikmati informasi yang berguna. Cukup sekian artikel ini saya tulis, Saya harap dengan anda membaca artikel ini dapat membuka pikiran anda dalam memahami pengertian blog dan mngenenal sejarah blog.
Pengertian blog atau website merupakan hal mendasar bagi kita(user pengguna internet) namun apa sih yang membuat mereka berbeda dan mengapa terkadang orang menyebut mereka itu sama? Berikut ini merupakan sebuah ulasan khusus yang membahas pengertian blog atau website itu sendiri, dengan memunculkan berbagai definisi blog dan definisi website itu sendiri, sehingga dapat meluruskan pandangan pemirsa dirumah Berikut refortasenya.
Pengertian sebuah blog
Blog merupakan singkatan dari web log yang artinya adalah suatu bentuk aplikasi/layananweb yang dibuat untuk memudahkan user dalam mempublikasikan informasi yang dimilikinya melalui tulisan-tulisan yang dimuat dalam sebuah postingan (Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Blog). Blog sendiri mempunyai fungsi yang sangat beragam seperti menjadi sebuah catatan harian, menjadi media publikasi, sampai dengan menjadi sebuah webportal bagi perusahaan(Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Blog).
Pengertian sebuah website
Website sendiri merupakan sebuah kumpulan halaman-halaman situs yang tersimpan dalam sebuah server/hosting, dan teridentifikasi melalui sebuah nama yang disebut juga sebagai domain atau sub domain(Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Situs_web).
Nah,,, apa yang membedakan antara keduanya? yang membedakan antara keduanya adalahtahap pembuatan dan tujuan dibuatnya, jika sebuah website/blog dibuat menggunakan layanan pembuat website yang ditujukan untuk personal dengan menggunakan engine sepertiwordpress, blogspot, joomla ataupun sejenisnya(tidak di develop sendiri) maka itu bisa kita katakan sebagai sebuah blog, mengapa? Karena layanan itu dibuat untuk pengguna awam yang tidak dapat membuat sebuah website dengan tangan sendiri dan sebaliknya.
Fakta hari ini.
Kebanyakan orang bahkan perusahaan sekalipun cenderung menggunakan engine blog tersebut untuk membuat website perusahaannya dengan alasan = low cost(murah dan mudah) dan dengan mudahnya dianggaplah blog tersebut menjadi sebuah website bagi diri dan perusahaannya. Etis kah,,,?
Mengapa hari ini kedua hal tersebut disamakan?
Weblog atau website sendiri terdiri dari halaman-halaman yang tersusun dalam format HTML (Hyper Text Markup Language) dan di akses melalui HTTP, yaitu protokol yang menyampaikan informasi dari server website untuk ditampilkan kepada para pemakai melalui web browser.
Dari kesimpulan diatas Anda bisa melihat seberapa cenderungkah sebuah blog bisa dinyatakan sebagai blog atau sebuah website bisa dinyatakan sebagai website
PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN
Saat ini komputer bukan lagi merupakan barang mewah, alat ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan seperti halnya pada bidang pendidikan. Pada awalnya komputer dimanfaatkan di sekolah sebagai\penunjangkelancaranpekerjaanbidangadministrasi dengan memanfaatkan software Microsoft word, excel dan access. Dengan masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran. Kutipan dari Kurikulum untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Visi mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu agar siswa dapat dan terbiasa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan belajar, bekerja, dan aktifitas lainnya sehingga siswa mampu berkreasi, mengembangkan sikap imaginatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi
mandiri, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan baru di lingkungannya ·Melalui mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diharapkan siswa dapat terlibat pada perubahan pesat dalam kehidupan yang mengalami penambahan dan perubahan dalam penggunaan beragam produk teknologi informasi dan komunikasi.
Siswa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. Dengan menggunakan Teknologi Informasidan Komunikasi,siswa akan dengan cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan. Penambahan kemampuan siswa karena penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga siswa
dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media .Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah:
dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media .Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah:
1. Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga siswa dapat termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
2. Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga siswa bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan seharihari secara mandiri dan lebih percaya diri.
3. Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan seharihari.
4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
5. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggungjawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah seharihari.
Dengan melihat isi dari kurikulum tersebut, kita harus mengintegrasikan TIK dalam proses belajar mengajar bukan hanya untuk mata pelajaran teknologi dan informasi saja. Jaringan Pendidikan Dasar SD MI dan SMP MTS kabupaten Kuningan merupakan penjelmaan nyata dari Kurikulum, yakni suatu bentuk real pemanfaatan TIK dalam mendukung pendidikan yang lain dimana hal itu merupakan impian Kementrian Pendidikan sebagaimana Jardiknas (Jejaring Pendidikan Nasional), yakni bertujuan
untuk mengintegrasikan harapan di atas yaitu agar terbentuk sebuah jaringan yang menghubungkan semua sekolah di Indonesia. Sehingga diperkirakan di masa depan semua sekolah di Indonesia akan terkoneksi dengan internet. Melihat program yang diadakan oleh Depdiknas kita bisa memanfaatkan fasilitas tersebut karena bersifat terbuka.Kita belum terlambat untuk mempersiapkan diri dalam penguasaan TIK sebagai media pembelajaran.
KESIMPULAN
Melihat kondisi TIK pada saat ini dan perkembangannya di masa datang, kita harus mempersiapkan diri dan melakukan perencanaan yang matang dalam mengimplementasikan TIK di sekolah. Jika kita tidak memulainya sekarang maka sekolah sebagai salah satu institusi pendidikan akan tertinggal.. Mengamati Program Pengembagan TIK yang dilakukan Depdiknas Untuk mengejar ketertinggalan pemanfaatan TIK di sekolah dari negara lain, saat ini Depdiknas mempunyai program pengembangan TIK secara besar besaran.
Ada tiga posisi penting di Depdiknas dalam program pengembangan TIK, yaitu:
1.Bidang kejuruan, TIK menjadi salah satu jurusan di SMK. Pengembangan TIK secara teknis baik hardware dan software masuk dalam kurikum pendidikan. Dibentuknya ICT center di seluruh Indonesia. Untuk menghubungkan sekolahsekolah di sekitar ICT center dibangun WAN (Wireless Area Network) Kota.
2. Pustekkom, sebagai salah satu ujung tombak dalam pengembangan TV pendidikan interaktif, Elearning dan ESMA. Program ini bertujuan untuk mempersempit jurang perbedaan kualitas pendidikan antara kota besar dengan daerah.
3. Jardiknas (Jejaring Pendidikan Nasional), bertujuan untuk mengintegrasikan kedua program di atas agar terbentuk sebuah jaringan yang menghubungkan semua sekolah di Indonesia. Sehingga diperkirakan di masa depan semua sekolah di Indonesia akan terkoneksi dengan internet.
PANDUAN INPUT DATA WEBLOG
Webblog Jaringan Pendidikan Dasar SD MI dan SMP MTS sebagamana tujuannya adalah untuk menyatukan seluruh sekolah dalam suatu Koneksi Internet dimaksudkan agar pendidikan di Kuningan terintegritas dan tidak membedakan dimanapun sekolah itu berada baik di desa atau dikota tidak ada perbedaaan yang tajam selain hanya posisi geografis,Tujuan kedua yang lebih bermanfaat untuk pendidikan adalah menyiapkan kebutuhan pemenuhan informasi pendidikan untuk anak – anak didik dan mampu memberikan layanan pendidikan setelah pulang sekolah, dimana anak dapat menambah jam belajar nya setiap hari, maka diperlukan kiranya input data yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku yakni KTSP .
Input Data dalam Web Blog dapat dilakukan oleh setiap guru dengan mudah dengan menggunakan panduan ini :
Mulai Input :
Langkah 1 : Klik LOGO BLOG / tulisin “Blogger”
Langkah 2 : Masukan Email dan Kata Sandi klik Tombol : Masuk
Selanjutnya Akan Muncul Layar :
Dengan klik tombol entri baru anda akan dapat langsung menulis artikel baru dalam posting baru dan jika klik tombol edit entri anda dapat menambah atau memperbaiki posting lama, langkah selanjutnya setelah mennuli atau menambah klik tombol “ Terbitkan Entri”
Langkah selajutnya tutup Kembali Web Blog dengan klik tombol keluar yang terletak dalam Accout sekolah di bagian Kanan Sudut Atas.
Perhatian : Setelah menulis atau edit blog tutup kembali supaya orang lain tidak menggunakan blog anda yang mendatangkan kerugian, baca Undang – undang Nomor tahun Tentang Teknolgi Informasi.
0 komentar:
Posting Komentar